Posted by : Syabatra Hasaid Friday 11 February 2011

 System Thinking & Hierarki System Complexity By Boulding 

~System Thinking~

-Cara berpikir sistem adalah salah satu pendekatan yang diperlukan agar manusia
dapat memandang persoalan-persoalan dunia ini dengan lebih menyeluruh dan dengan demikian pengambilan keputusan dan pilihan aksi dapat dibuat lebih terarah kepada sumber-sumber persoalan yang akan mengubah sistem secara efektif

-Systems Thinking adalah sebuah sebuah konsep untuk memahami permasalahan-permasalahan yang kompleks dan perubahan-perubahan yang terjadi didalamnya. Systems Thinking mempunyai 3 dimensi, yaitu; paradigma, bahasa, dan metodologi. Syarat awal untuk memulai systems thinking adalah adanya kesadaran untuk mengapresiasi dan memikirkan suatu kejadian sebagai sebuah sistem (systemic approach).

 -System thinking merupakan suatu konsep di mana suatu system hanya dapat dipahami jika dilihat secara keseluruhan sebagai suatu integritas.

RESUME:
Dari penjelasan dari beberapa sumber diatas, bisa gabungkan dan disimpulkan bahwa “System Thiking” adalah suatu pendekatan atau konsep untuk memandang ataupun memahami suatu permasalahan setelah kita mengadakan suatu survei dan validasi untuk mendapatkan beberapa bukti kongkrit (fakta) untuk menarik suatu kesimpulan. Dari kesimpulan dijadikan sebagai tolak ukur dalam pengambilan keputusan dalam suatu usaha dalam memecahkan masalah (Problem Solver).

Contohnya: 
Misalnya, kita sering menemukan masalah limbah pabrik yang diproses masyarakat sekitarnya karena mereka bisa melihat keuntungan yang tersembunyi di dalam limbah tersebut, tetapi akibatnya hasil proses dari limbah tersebut menjadi semakin berbahaya. Pihak pabrik yang berpikir sektoral merasa sudah melakukan kewajibannya dengan masalah limbah tersebut, tetapi tidak melakukan tindakan lanjut mengenai dampak limbah baru tersebut lebih jauh. Itu pulalah yang terjadi dengan pengolahan sampah tambang emas oleh penambang liar disekitar lokasi penambangan resmi, mereka menggunakan lebih banyak air raksa penarik emas tanpa peduli limbah mereka itu kemana. Akibatnya, yang disalahkan tetap pihak penambang resmi, karena lokasi tersebut dibawah penguasaannya.



~System Thinking & Hierarki System Complexity By Boulding~

Hierarki sistem menurut Boulding mempunya 9 tingkatan. Dari sembilan tingkatan sistem yang di kemukakan oleh boulding ada beberapa yang sesuai dengan penelitian ilmiah. Menurut pendapat boulding pengetahuan yang ada saat ini umumnya tidak memadai untuk membangun model ilmiah dibawah sistem dinamis:
  • 1. Struktur statis keteraturan planet sistem tata surya.
  • 2. Sistem yang dinamis, sederhana, sebagian besar mesin dan fisika Newtonian.
  • 3. Sistem cybernetic mekanisme kontrol, seperti termostat.
  • 4. Sistem terbuka struktur yang mengekalkan diri, seperti sel tunggal.
  • 5. Genetika sistem masyarakat divisi tenaga kerja, termasuk subsistem seperti sebuah tanaman.
  • 6. Sistem binatang termasuk kesadaran diri dan mobilitas, begitu juga subsistem spesial untuk  menerima dan mengolah informasi dari dunia luar.
  • 7. Sistem kemanusian termasuk kapasitas kesadaran diri, dan penggunaan simbolisme untuk menyampaikan gagasan-gagasan.
  • 8. Organisasi sosial manusia sebagai subsistem dalam organisasi atau sistem yang lebih besar, atau sistem.
  • 9. Sistem transendental alternatif dan hal-hal yang tidak dikenal yang telah ditemukan.

Contoh Hirarki System:



Resume :
Hirarki adalah alat yang paling mudah untuk memahami masalah yang kompleks dimana masalah tersebut diuraikan ke dalam elemen-elemen yang bersangkutan, menyusun elemen-elemen tersebut secara hirarkis dan akhirnya melakukan penilaian atas elemen-elemen tersebut sekaligus menentukan keputusan mana yang akan diambil. Proses penyusunan elemen-elemen secara hirarkis meliputi pengelompokan elemen-elemen dalam komponen yang sifatnya homogen dan menyusun komponen-komponen tersebut dalam level hirarki yang tepat.

Source:
#http://share.its.ac.id/
#tin304.weblog.esaunggul.ac.id/
#tin304.weblog.esaunggul.ac.id/
#http://vercomfo.blogspot.co.id/2012/03/systems-thinking.html
#http://wiratamafamily.blogspot.co.id/
#https://12puby.wordpress.com/


Leave a Reply

Saling Sharing Ya ^^

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Posts

- Copyright © MENGUBAH SIGNAL EDGE MENJADI WCDMA/ (3G) HSPA/HSDPA - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Edited by Syabatra Hasaid -